Home » , » Algoritma 1

Algoritma 1

ALGORITMA

Asal-usul Kata
Kata algoritma berasal dari nama Abu Ja’far Mohammed Ibm Mûsâ al-Khowârizmi, seorang ilmuwan Persia yang menulis buku berjudul Kitab al jabr w’al-muqabala (Rules of Restoration and Reduction) sekitar tahun 825.

Ada beberapa kata yang mirip algoritma seperti algorism dan algorithmus. Kata algorithm dipakai untuk proses perhitungan aritmatika dengan menggunakan angka Arab. Kata algorithmus muncul pada kamus matematika Vollständiges Mathetatisches Lexicon (Leipzig, 1747) menggunakan istilah ini untuk kombinasi dari empat jenis perhitungan matematika: penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian. Frasa dalam bahasa Latin algorithmus infinitesimalis pada saat itu digunakan untuk menyatakan cara berhitung dengan menggunakan bilangan kecil tak terbatas seperti yang dikemukakan Leibnitz.

Sampai dengan tahun 1950 istilah algorism selalu diasosiasikan dengan Euclid’s algorithm, yaitu suatu proses yang menjelaskan cara mencari bilangan pembagi terbesar (greatest common divisor) untuk dua buah bilangan.

Pada Merriam-Webster’s Collegiate Dictionary istilah algorithm diartikan sebagai prosedur langkah demi langkah untuk memecahkan masalah atau menyelesaikan suatu tugas khususnya dengan menggunakan bantuan computer. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan algoritma sebagai urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah.




Syarat Algoritma

Menurut Donald E. Knuth sebuah algoritma harus memenuhi persyaratan:
-Finiteness
  Algoritma harus berakhir setelah melakukan sejumlah proses instruksi
-Definiteness
 Setiap langkah algoritma harus didefenisikan dengan tepat dan tidak menimbulkan makna ganda.
-Input
 Setiap algoritma memerlukan data untuk diproses lebih lanjut. Namun beberapa jenis program memang sengaja dirancang untuk tidak pernah berakhir, misalnya sistem operasi.
-Output
 Setiap algoritma harus memberikan satu atau bebrapa hasil untuk dikeluarkan.
-Effectiveness
 Langkah-langkah algoritma harus dikerjakan dalam waktu yang wajar



bersambung..

0 comments:

Post a Comment