Home » » MENGGUNAKAN WEBCAM DENGAN BEBERAPA APLIKASI SECARA BERSAMAAN DENGAN MANYCAM

MENGGUNAKAN WEBCAM DENGAN BEBERAPA APLIKASI SECARA BERSAMAAN DENGAN MANYCAM

Menggunakan Webcam Dengan Beberapa Aplikasi Secara Bersamaan Dengan ManyCam. Saya sering melakukan chatting dengan aplikasi chatting yang berbeda dalam waktu yang bersamaan, biasanya saya menggunakan aplikasi CAMFROG dan YAHOO MESSENGER (kedua aplikasi ini yang paling populer setidaknya untuk saat-saat ini). Ini dikarenakan tidak semua teman chatting saya mempunyai atau mengenal kedua-duanya aplikasi chatting tersebut. Kebanyakan mereka hanya mempunyai atau mengenal aplikasi Yahoo Messenger. Namun ada juga yang hanya mempunyai atau mengenal aplikasi CAMFROG.
Masalahnya adalah ketika saya menjalankan kedua aplikasi chatting tersebut secara bersamaan, saya hanya bisa menggunakan Webcam untuk salah satu aplikasi saja. Misalkan ketika saya sedang menggunakan Webcam pada aplikasi CAMFROG maka pada saat itu saya tidak bisa menggunakan Webcam tersebut untuk aplikasi Yahoo Messenger. Dan juga sebaliknya ketika saya sedang menggunakan Webcam ketika berchatting dengan Yahoo Messenger maka pada saat itu saya tidak bisa menggunakannya untuk aplikasi CAMFROG.
Namun masalah tersebut hilang ketika saya menemukan sebuah aplikasi gratis (freeware) yang bernama ManyCam. ManyCam adalah aplikasi yang memungkinkan kita menggunakan Webcam dengan beberapa aplikasi lainnya dalam waktu yang bersamaan. Contoh, sementara kita menggunakan webcam dengan menggunakan aplikasi Yahoo Messenger maka pada waktu yang bersamaan, kita pun dapat menggunakan webcam untuk aplikasi chatting lainnya, seperti MSN Messenger, ICQ, Skype, AIM, PalTalk, CamFrog, bahkan Youtube.
Setelah menginstal program ini, kita perlu mengatur ManyCam sebagai alat input utama untuk program yang ingin kita gunakan. ManyCam akan berjalan secara otomatis pada saat kita mengaktifkan webcam melalui aplikasi ini.
Dengan aplikasi ManyCam, kita dapat menambahkan teks, bendera suatu negara, tampilan jam pada layar video kita, seperti gambar di bawah ini.
 
Selain itu, kita juga dapat mengubah tampilan latar belakang (background) dan latar depan (foreground) pada tampilan webcam kita. Fitur unik lainnya adalah kita dapat meletakkan sepasang mata kaca mata lucu pada wajah kita yang akan mengikuti dari gerakan wajah atau mata kita.
Kita pun dapat memilih efek salju (efek snow) yang bertaburan pada tampilan webcam kita yang mungkin dapat menggambarkan di mana hati/pikiran kita sedang sejuk atau tentram. Ada juga efek api yang menyala-nyala (efek flame), efek air (efek water), efek matrik, dan masih banyak efek-efek lainya yang dapat kita coba-coba sendiri.
Oh, iya satu lagi, selain bersumber dari webcam, kita pun dapat menampilkan movie (film) dengan memilih tab Source kemudian pilih Movies lalu pilih tombol open lalu pilih folder tempat menyimpan film kita pada komputer. Dengan begitu, kita dapat menampilkan film yang sedang kita putar pada tampilan video (webcam) ketika kita sedang chatting. Jadi teman yang sedang chatting dengan kita akan melihat film yang sedang kita putar pada tampilan webcam kita. Selain itu, kita juga dapat menampilkan tampilan desktop, blank image, still image (gambar diam), dan juga playlist (menampilkan gambar secara bergantian).
Untuk lebih jelasnya, silakan di coba sendiri-sendiri, ya.
Untuk download, silakan klik ini http://download.manycam.com.
Dan gambar di bawah ini adalah contoh ketika saya melakukan chatting dengan efek-efek yang saya dapatkan dengan aplikasi ManyCam. Yang satu webcam dengan aplikasi Yahoo Messenger dan yang satu webcam dengan aplikasi Camfrog.


0 comments:

Post a Comment